Pengenalan PPC dan cara kerjanya
PPC singkatan dari Pay Per Click. PPC sendiri bisa dipandang dari 2 sisi, sebagai advertiser (pengiklan) atau sebagai publisher (penerbit). Dari sisi advertiser PPC artinya memasang iklan dengan pembayaran dilakukan setiap kali iklan di klik. Dari sisi publisher PPC artinya meletakkan iklan di website untuk mendapatkan uang setiap kali iklan diklik. Website penyedia layanan PPC disebut juga sebagai ad network. Ad Network memiliki banyak advertiser yang memasang iklan di website mereka, kemudian iklan ini disalurkan ke publisher.
Istilah Dalam PPC
Ada beberapa istilah yang sering digunakan berkaitan dengan PPC untuk publisher, yaitu :
a). Ad format
Cara iklan ditampilkan kepada pengguna di situs Anda. Misalnya, iklan mungkin ditampilkan dalam konten halaman (misalnya, iklan teks dan iklan display), ditampilkan di bagian atas halaman (misalnya, iklan anchor), dsb.
b). Ad Impression
Ad impression adalah jumlah tayangan iklan. Tayangan iklan dilaporkan setiap kali iklan individual mulai didownload ke perangkat pengguna. Format iklan yang berbeda akan menampilkan berbagai jumlah iklan; misalnya, setiap kali banner vertikal muncul di situs, Anda akan melihat 2 tayangan iklan dalam laporan.
c). CTR
CTR singkatan dari Click Through Ratio adalah jumlah iklan yang diklik dibagi dengan jumlah iklan tayang. Rumusnya sebagai berikut CTR = jumlah iklan di klik / jumlah iklan tayang Contoh jika iklan tayang sebanyak 1000 kali dan diklik 5 kali, maka CTR nya 0.5%.
d). Ad RPM
Ad RPM adalah pendapatan per seribu tayang. Menunjukkan penghasilan tertaksir yang akan Anda dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang Anda terima. RPM tidak menunjukkan penghasilan Anda sebenarnya; namun, jumlah itu dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan laman, atau kueri yang Anda terima, kemudian dikalikan 1.000.
e). Ad unit
Ad unit adalah 1 atau beberapa iklan yang ditampilkan sebagai hasil untuk 1 kode iklan.
f). Konversi
Apabila orang yang mengeklik iklan Anda menuntaskan tindakan yang bernilai di situs web pengiklan, seperti membeli sesuatu atau meminta informasi lebih lanjut.
g). Cost Per Click (CPC)
CPC adalah jumlah yang Anda peroleh setiap kali pengguna mengeklik iklan Anda. BPK untuk iklan ditentukan oleh pengiklan; sebagian pengiklan mungkin bersedia membayar lebih banyak per klik daripada pengiklan lainnya, tergantung pada apa yang diiklankan.
Pengenalan Google Adsense
Google Adsense adalah layanan periklanan yang dimiliki oleh Google. Pemilik web/channel youtube dapat menampilkan iklan tsb di web/channel youtube mereka. Memperoleh penghasilan jika ada pengunjung yang mengklik / melihat iklan. Iklan berupa teks, video, gambar yang sesuai dengan content website di mana Google Adsense dipasang (contextual advertising). Nilai per klik iklan berkisar antara $0.01 s/d $10. Setiap klik akan diakumulasikan dan sesudah mencapai minimal $10 Google akan mengirimkan PIN ke alamat rumah. PIN harus dimasukkan ke website Google Adsense sebagai verifikasi bahwa alamat rumah anda benar.
Kelebihan Google Adsense
Anda tidak perlu bayar untuk mengikuti program ini
Anda dapat mengubah tampilan iklan yang akan ditayangkan di website dan bisa menentukan di mana iklan akan tayang
Iklan yang tayang akan relevan dengan pengunjung yang membuka website
Ada banyak ukuran dan format iklan yang disediakan
Anda tidak menjalin kerja sama secara langsung dengan advertise
Cara Kerja Google Adsense
a. Darimana google membayar pemilik web / channel youtube? Google memiliki layanan periklan yang disebut Google Adwords (Google Ads). Pemilik produk / jasa (advertiser) bisa mengembangkan bisnis mereka dengan menggunakan Google Ads. Advertiser membayar uang dengan jumlah tertentu ke Google Ads.
b. Cara Kerja Google Adsense
Publisher menyediakan space iklan di website. Publisher harus meletakkan kode iklan di website dan pilih lokasi di mana iklan akan tayang
Iklan akan tayang di website Anda. Google akan mencarikan iklan yang dipasang oleh advertiser. Anda tidak bisa memilih iklan mana yang akan ditayangkan di website Anda
Anda mendapatkan uang jika iklan diklik / dilihat pengunjung (tergantung tipe iklan)
c. Kebijakan Google Adsense
Publisher tidak boleh mengklik iklan mereka sendiri atau menggunakan cara apa pun yang tidak semestinya untuk meningkatkan tayangan dan/atau klik, termasuk metode manual.
Publisher tidak boleh meminta orang lain untuk mengklik atau melihat iklan mereka atau menggunakan metode implementasi yang menipu untuk memperoleh klik atau tampilan.
Publisher tidak boleh menempatkan kode AdSense pada halaman yang melanggar Kebijakan Penayang Google. Jika melakukannya, akun Anda dapat ditangguhkan atau dihentikan, Dll.
d. Kebijakan Penempatan Iklan
Iklan, kotak penelusuran, atau hasil penelusuran Google tidak boleh:
Diintegrasikan ke segala jenis aplikasi software (tidak berlaku untuk AdMob), termasuk toolbar.
Ditampilkan di pop-up atau pop-under, termasuk jika halaman yang berisi iklan, kotak penelusuran, atau hasil penelusuran Google dimuat di pop-up atau pop-under.
Ditempatkan di dalam email, atau di halaman yang fokus utamanya adalah pesan email, Dll.
Cara mendaftar akun Google Adsense Menggunakan Website
Berikut ini adalah langkah-langkah mendaftar google adsense menggunakan website
1. Buka https://google.com/adsense/start
2. Klik Daftar Sekarang
3. Masukkan URL situs tempat Anda ingin menampilkan iklan Jika situs Anda ada di salah satu situs partner host Google (seperti Blogger atau YouTube, dan sejenisnya), Anda dapat menyelesaikan langkah-langkah ini melalui akun Anda dengan mengklik Lanjutkan di… setelah Anda memasukkan URL. Dengan begitu, kami dapat menyiapkan akun Anda lebih cepat, karena situs partner host menggunakan proses pembuatan akun yang berbeda.
4. Masukkan alamat email Anda
5. Pilih apakah Anda ingin AdSense mengirimkan rekomendasi performa dan bantuan yang disesuaikan. Sebaiknya Anda memilih Ya agar Adsense dapat membantu Anda memaksimalkan AdSense.
6. Klik Simpan dan Lanjutkan
7. Login ke Akun Google Anda
8. Pilih Negara / wilayah
9. Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.
10. Klik Buat Akun