Pengenalan Toko Online
Toko online adalah sebuah toko yang beroperasi di dunia maya sehingga penjual dan pembeli bisa bertransaksi tanpa harus bertemu secara langsung. Saat ini sudah banyak orang yang berjualan menggunakan toko online, bahkan beberapa diantaranya tidak punya toko secara fisik. Barang dagangan yang diijual secara online pun beraneka ragam, ada baju, komputer, elektronik, perlengkapan kantor, kosmetik, perlengkapan rumah tangga, sayur dan lain-lain.
Kekurangan Toko Online
Ada beberapa kekurangan toko online, diantaranya :
a. Diperlukan keahlian khusus untuk membuat dan mengoperasikannya Untuk membuat toko online yang berbentuk web, Anda butuh keahlian dalam membuat dan mengoperasikannya. Beberapa keahlian yang dibutuhkan adalah mengetahui cara pembelian domain, hosting, web design dan web developer. Meskipun saat ini sudah ada CMS untuk mempermudah dalam pembuatan toko online, tidak semua orang bisa menggunakannya.
b. Produk hanya dilihat oleh orang yang mempunyai akses internet Produk tidak bisa dilihat oleh orang yang tidak punya koneksi internet. Akan tetapi saat ini sudah lebih dari 50% masyarakat Indonesia terkoneksi dengan internet.
c. Sering terjadi penipuan dalam transaksi online Beberapa orang tidak percaya untuk melakukan transaksi online karena sudah pernah terkena penipuan. Penipuan online ada banyak macamnya diantaranya sudah transfer uang untuk pembelian barang, tapi barang tidak dikirim. Ada juga penipuan barang yang dikirim tidak sesuai dengan deskripsi produk yang tertulis.
d. Dikenakan biaya tambahan untuk pengiriman barang Pengiriman barang ke alamat customer menggunakan ekspedisi sehingga dikenakan ongkos kirim yang besarnya ditentukan oleh jasa ekspedisi. Pada umumnya semakin jauh jarak antara penjual dan pembeli, maka ongkos kirim semakin mahal.
Kelebihan Toko Online
Ada beberapa kelebihan toko online, diantaranya
a. Menghemat biaya operasional jika dibandingkan toko fisik Jika Anda memiliki toko fisik, Anda membutuhkan biaya sewa kios/ruko dan gaji karyawan. Toko online tidak perlu sewa tempat, Anda bisa menjalankannya cukup dari rumah. Untuk tahap awal Anda belum membutuhkan karyawan, kecuali jika nanti toko online Anda sudah berkembang pesat dan transaksinya banyak
b. Bisa dioperasikan dari mana saja dan kapan saja Toko online dari dioperasikan mana saja dan kapan saja. Transaksi bisa dipantau melalui smartphone/laptop selama terhubung ke internet.
c. Produk bisa dilihat selama 24 jam / hari Calon customer bisa melihat produk selama 24 jam tiap hari karena website sudah ada di internet. Beda dengan toko fisik yang rata-rata memiliki jam buka dan jam tutup.
d. Area pemasaran menjadi sangat luas Jika Anda memiliki toko fisik, pembeli hanya berasal dari wilayah sekitar saja. Sementara toko online pembelinya bisa sampai seluruh Indonesia, bahkan sampai luar negeri.
e. Transaksi jual beli menjadi lebih mudah Pembeli tidak perlu datang ke toko untuk membeli produk, cukup duduk manis dan bisa bertransaksi menggunakan smartphone.
Tahapan Pembelian Secara Online
Untuk melakukan pembelian di toko online, pada umumnya menggunakan tahapan berikut
1. Pembeli memilih barang Pembeli memilih barang yang akan dibeli dengan cara memilih di web ataupun menggunakan via chat whatsapp. Pembeli memberitahu alamat pengiriman
2. Penjual merekap pesanan Penjual melakukan rekapan pesanan pembeli dan menghitung ongkos kirim. Penjual memberikan jumlah pembelian dan no rekeningnya.
3. Pembeli melakukan transfer Pembeli melakukan transfer sejumlah uang yang sudah direkap penjual. Transfer ditujukan ke rekening penjual.
4. Pembeli konfirmasi transfer Setelah melakukan transfer, pembeli menghubungi penjual untuk mengkonfirmasi bahwa dirinya telah melakukan pembayaran. Biasanya pembeli juga menunjukkan bukti transfer berupa struk atm/internet banking/setoran tunai
5. Penjual mengirim barang Penjual akan mengirimkan barang pesanan ke alamat pembeli setelah mengecek uang sudah masuk ke rekeningnya. Barang dikirimkan ke ekspedisi seperti JNE, Wahana, Pos, J&T, Wahana. Setelah barang diterima ekspedisi, penjual menginfokan no resi pengiriman kepada pembel
Cara Membuat Toko Online
Ada beberapa cara untuk membuat toko online, yaitu
a. Toko Online Web Toko online web dibuat dengan membeli domain .com sendiri dan membuat coding yang rumit. Tapi toko online web juga bisa dibuat dengan mudah menggunakan Content Management System (CMS) seperti prestashop, opencart, virtuemart, wordress+plugin woocomerce, zencart, oscommerce, magento, dll. Tampilan toko online web terlihat lebih professional dibandingkan toko online di social media dan marketplace.
b. E-Marketplace Ada banyak marketplace yang bisa digunakan untuk berjualan online. Cukup mendaftar secara gratis di marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, dll. Di dalam marketplace terdapat banyak penjual dengan layout / tampilan toko yang sama semua.
c. Social Media Sebenernya social media seperti instagram dan facebook tidak untuk berjualan online. Akan tetapi sekarang banyak yang menggunakannya untuk berjualan karena sangat mudah. Cukup upload fofo produk dan lengkapi dengan harga, deskripsi produk dan no kontak yang bisa dihubungi.
Reseller dan Dropship
Untuk mulai berjualan, Anda membutuhkan produk untuk dijual. Anda bisa membeli produk dari toko grosir, kemudian Anda jual kembali dengan harga lebih tinggi. Akan tetapi jika Anda tidak memiliki modal, Anda bisa memanfaatkan menjadi reseller dan dropship dari toko lain.
Reseller
Reseller adalah orang yang menjual kembali produk dari supplier kepada konsumen. Untuk menjadi seorang reseller, penjual harus mengeluarkan modal sendiri untuk membeli produk langsung kepada supplier. Reseller harus menyetok barang terlebih dahulu.
Kekurangan menjadi reseller adalah sebagai berikut
a. Membutuhkan modal lumayan besar
b. Direpotkan dengan pengemasan barang dan pengiriman
Kelebihan menjadi reseller adalah sebagai berikut
a. Mengetahui stok barang
b. Bisa menjelaskan kondisi barang dengan mendetail
c. Bisa menerima pelanggan secara online maupun offline
d. Keuntungan dari diskon yang diberikan lebih besar
Dropship
Dropshipper adalah orang yang menjual produk dari supplier, namun tidak menyetok barang terlebih dahulu. Dropshipper hanya menjual kepada konsumen dengan bermodalkan gambar produk. Bila ada calon pembeli yang memesan, maka drop shipper akan meneruskan pesanan kepada supplier. Barang yang dipesan akan dikirim oleh supplier, atas nama drop shipper.
Kekurangan dropshipper adalah :
a. Proses lebih rumit Sebagai droshipper, kita bertugas sebagai perantara antara supplier dan konsumen. Dropshipper harus aktif berkomunikasi dengan kedua belah pihak
b. Info stok barang tidak update Karena barang ada di pihak supplier, setiap kali ada konsumen bertanya tentang stok produk maka dropshipper harus bertanya kepada supplier. Kadangkali ada pembeli yang sudah bayar, ternyata stok barang di supplier habis sehingga harus dilakukan pengembalian uang atau pengganti barang lain
c. Tidak mengetahui detail produk yang dijual Dropshipper tidak tahu detail produk yang dijual karena barang ada di supplier. Beberapa konsumen meminta foto produk sebelum memutuskan untuk membelinya dan dropshipper sulit mengirimkan foto asli
Keuntungan Dropshipper adalah :
a. Tidak perlu modal untuk stok produk Dropshipper tidak memerlukan modal untuk stok produk karena produk langsung dari supplier.
b. Tidak perlu repot packing Pemrosesan pesanan dilakukan langsung dari supplier ke alamat konsumen. dropshipper tidak perlu repot packing
c. Bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja Dropshipper bisa berjualan dari mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet.
d. Bisa menjual banyak jenis produk Dropshipper bisa menjual berbagai jenis produk dari beberapa toko sekaligus. Tidak ada batasan jenis produk yang bisa dijual.
Metode Pembayaran dan Pengiriman
Ada beberapa metode pembayaran yang bisa digunakan dalam toko online, yaitu
a. Cash On Delivery
b. Transfer Bank
c. Kartu Kredit
d. Online Payment Processor
e. Western Union
f. Cek
g. E-wallet
Untuk pengiriman pesanan toko online dilakukan menggunakan jasa ekspedisi, misalnya
a. Pos Indonesia
b. JNE
c. Wahana
d. J&T
e. Gosend
f. Grab Express
Marketplace
Marketplace merupakan situs di internet yang mempertemukan antara penjual dan pembeli. Di dalam marketplace Anda bisa berperan sebagai penjual dan pembeli.
Kelebihan Marketplace
Ada beberapa kelebihan yang dimiliki marketplace dibandingkan dengan toko online web dan sosial media, diantaranya sbb:
a. Membuat toko online semakin mudah
b. Fitur lengkap
c. Gratis Fungsi utama dari marketplace bisa
d. Lebih dipercaya oleh customer
e. Menggunakan rekening bersama untuk keamanan
f. Tidak perlu mencari customer
Kekurangan Marketplace
Selain memiliki kelebihan, marketplace juga memiliki beberapa kekurangan sbb :
a. Terjadi perang harga antar penjual
b. Customer lebih mudah pindah ke toko sebelah
c. Tidak punya kontrol penuh terhadap toko
Marketplace Tokopedia
Tokopedia adalah perusahaan internet yang memungkinkan setiap individu dan pemilik bisnis di Indonesia untuk mengembangkan dan mengelola bisnis online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memungkinkan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman.
Tips Toko Online
Ada beberapa tips untuk menjalankan bisnis toko online, yaitu :
a. Tampilkan informasi perusahaan anda yaitu memberikan data tentang perusahaan anda, misalnya alamat, cara menghubungi dan lain - lain.
b. Optimasi SEO agar toko online web mendapatkan peringkat yang bagus di Search Engine Google.
c. Membangun Keyakinan agar konsumen merasa nyaman, kemudian yakin dan membeli produk di toko anda.
d. Perbarui produk karena konsumen biasanya menyukai produk–produk terbaru,
e. Informasi Produk harus jelas dan lebih detail.
f. Gunakan foto produk yang bagus, jelas, menarik
g. Buatlah web toko online Anda menarik, terlihat profesional, mudah dan cepat diakses,
h. Gunakan beberapa cara untuk berkomunikasi dengan calon pembeli (SMS, telp, whatsapp,bbm, fb, line)
i. Gunakan beberapa pilihan ekspedisi pengiriman
j. Promosikan toko Anda menggunakan jejaring sosial, email marketing, atau iklan
k. Customer Service harus cepat tanggap
l. Gunakan beberapa pilihan rekening bank
m. Customer service yang sopan dalam menanggapi pertanyaan calon pembeli