Peran Media Sosial di dalam Digital Marketing
Dilansir dari jurnalpost.com pada dasarnya digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital dengan menggunakan internet yang memanfaatkan media berupa web, sosial media, e-mail, mobile/wireless, dan TV digital guna meningkatkan target konsumen dan mengetahui profil, perilaku, nilai produk, serta loyalitas para pelanggan atau target konsumen dalam mencapai tujuan pemasaran.
1. Website
Website merupakan web yang halamannya selalu update, biasanya terdapat halam backend (halaman administrator) yang dilakukan untuk menambah atau mengubah konten.
2. Blog
Blog merupakan salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) yang didalamnya menggunakan HTTP (Hypertext transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut sebagai browser.
3. Email Marketing
e-marketing adalah pemasaran secara online baik melalui situs web, iklan online, opt-in email, kios interaktif, TV interaktif atau mobile untuk membuat hubungan yang jauh lebih dekat dengan pelanggan, memahami mereka dan memelihara interaksi dengan mereka.
Sosial media memiliki peran penting dalam strategi digital marketing karena dapat meningkatkan brand awareness. Sosial media memegang arti yang sangat penting dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat diseluruh dunia karena kenyataannya masyarakat dunia sudah bisa menggunakan sosial media yang jumlahnya semakin akan terus bertambah. Facebook, twitter, Linkedln, Pinterest dan Instagram telah mengubah cara pandang masyarakat dalam berkomunikasi dan berinteraksi didalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, beberapa manfaat media sosial dalam digital marketing yaitu:
1. Media sosial dapat menghubungkan produsen dan konsumen dalam internet
2. Media sosial yang dimanfaatkan untuk digital marketing dapat menghasilkan penjualan yang tinggi.
3. Pemasaran melalui media sosial dapat menghemat pengeluaran.
4. Media sosial dapat mengaktifkan layanan pelanggan real-time.
5. Penggunaan media akan sangat memudahkan produsen dengan konsumen yang menggunakan mobile.
6. Membantu pendapatan yang tinggi.
7. Pemasaran menggunakan media sosial dapat mempersiapkan produsen untuk era internet of things.
Adapula alasan mengapa harus memulai menggunakan media sosial sebagai pemasaran digital yaitu :
1. Konsumen Beraktivitas di Media Sosial
2. Mudah Berinteraksi dengan konsumen
Pengguna media sosial biasanya mengakses akun mereka untuk mencari hiburan dan informasi terbaru. Mereka merupakan pihak yang kurang reseptif jika terpapar iklan secara langsung. Namun bukan berarti tidak dapat memasarkannya kepada mereka. Media sosial justru menjadi tempat dimana konsumen lebih mudah menerima pesan produk. Alasan mengapa konsumen lebih menerima pesan pemasaran di media sosial adalah karena media sosial memungkinkan untuk lebih banyak berinteraksi dan memasarkan merek dari sisi yang berbeda. Media sosial merupakan saluran yang menawarkan cara yang menyenangkan dan mudah untuk berinteraksi dengan para konsumen. Di media sosial, Anda dapat membuat koneksi yang sesuai dengan kepribadian mereka daripada hanya mengirimkan pesan pemasaran langsung.
3. Mempunyai Banyak Jenis Platform dengan Tipe Konsumen Berbeda
Media sosial juga mempunyai banyak jenis platform dengan audiens masing-masing. Dengan sedikit analisis dan inovasi pemasaran, maka Anda dapat secara strategis menargetkan konsumen yang berbeda pada setiap platform. Daripada hanya mempublikasikan konten promosi di media mainstream agar dapat dilihat semua orang, lebih baik menggunakan berbagai platform media sosial untuk menjangkau target pasar yang sesuai. Buat daftar yang jelas tentang demografis konsumen yang mencakup jenis kelamin, usia, lokasi, minat, merek yang mereka ikuti, hobi, dan lain sebagainya. Semakin rinci maka akan semakin baik. Informasi ini akan memberikan lebih banyak wawasan tentang platform mana yang harus digunakan dan membantu menyesuaikan konten di tiap platform, jika memilih untuk memanfaatkan seluruhnya.